0852-5550-8935 | admin@staiskutim.ac.id

BerandaBeritaProdi MPI

Pentingnya Karya Ilmiah Bagi Dosen dan Mahasiswa, Prodi MPI STAI Sangatta Gelar Webinar Penelitian

Sangatta, Sabtu 04 Setember 2021 Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) STAI Sangatta Kutai Timur telah sukses menggelar Webinar Nasional dengan tema "Ruang Lingkup Penelitian Bidang Manajemen Pendidikan Islam dan Pentingnya Publikasi Ilmiah bagi dosen dan Mahasiswa". Yang dipaparkan oleh Bapak Dr. Zainal Arifin, M.S.I, selaku Kaprodi S1 MPI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan juga selaku Sekretaris Umum Perkumpulan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (PPMPI) Indonesia.

Webinar ini dibuka oleh Ketua STAI Sangatta Kutai Timur; Bapak H. Arif Rembang Supu, M.Pd. Dalam sambutannya beliau mengaspresiasi segala bentuk kegiatan akademik yang menunjang pendidikan/belajar mahasiswa demi terlaksananya Tri Darma Perguruan Tinggi. Pesan beliau kepada semua mahasiswa untuk selalu aktif dan semangat dalam menyelesaikan studinya, terutama terkait dengan penelitian sebagai tugas akhir perkuliahan. Selain mengingatkan kepada mahasiswa, beliau juga mengajak kepada semua tenaga pendidik untuk selalu aktif dalam melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi sebagai bentuk tanggung jawab sebagai dosen, terutama dalam bidang penelitian dan publikasi ilmiah harus semakin ditingkatkan lagi.

Selaku Ketua Program Studi Manajemen Pendidikan Islam STAI Sangatta Kutai Timur, Bapak Mahfud Ifendi, M.Pd.I juga menyampaikan beberapa hal diantaranya adalah terkait dengan tema webinar ini. Bahwa focus penelitian bidang MPI ini pada pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen. Banyak para pakar yang mengutarakan pendapatnya terkait dengan fungsi-fungsi tersebut, setidaknya terdapat 12 ahli/pakar yang menjelaskannya. Namun inti dari kegiatan manajemen itu sendiri adalah tidak terlepas dari ; perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi. Untuk Lokus penelitian, dapat dilakukan di lembaga pendidikan maupun non pendidikan. Sedangkan kajiannya adalah terkait dengan Organisasi, kepemimpinan, mutu, analisis kebijakan, perilaku organisasi, manajemen konflik, budaya organisasi, komunikasi organisasi dan lain-lain.

Dalam pemaparan materinya, Bapak Dr. Zainal Arifin, M.S.I banyak memberikan pengetahuan-pengetahuan baru terkait dengan roadmap penelitian bidang MPI. Untuk menjadi peneliti yang baik itu harus tahu apa yang diteliti dan tahu bagaimana cara menelitinya. Melakukan penelitian sebenarnya itu mudah jika banyak membaca literature sebelumnya. Permasalahan yang sering dijumpai bahwa susah untuk membahas dan melakukan sebuah penelitian itu dikarenakan budaya membaca mahasiswa dan dosen yang masih perlu ditingkatkan lagi. Jika budaya membaca ini kuat, maka dengan mudah kita akan menyelesaikan tugas akhir (Skripsi, Tesis, Disertasi) dan karya-karya ilmiah lainnya yang diterbitkan dalam jurnal Nasional maupun Internasional.

Webinar ini diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia, mulai dari Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Aceh, Lampung, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, NTB, Papua, Jambi, Riau, Bengkulu, DIY, Banten, Bali, dan Bangka Belitung. Sangat besar antusias dari peserta webinar sehingga banyak yang menyarankan untuk membuat follow up setelah webinar ini, membuat kegiatan serupa sesering mungkin, adanya pendampingan pasca webinar, mengambil tema menarik lainnya tentang penelitian, dan lain sebagainya. Pada intinya, Webinar kali memang sangat cocok bagi mahasiswa semester akhir yang sedang mengajukan atau menyusun tugas akhirnya. Semoga ke depan kegiatan-kegiatan semacam ini dapat diagendakan secara rutin tiap semesternya Aamiin aamiin aamiin.



Kampus STAI Sangatta...

STAI Sangatta Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Online Tahun 2021

Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2021/2022

Selanjutnya

Layanan

Akses Pelayanan