0852-5550-8935 | admin@staiskutim.ac.id

BerandaBeritaProdi MPI

Publikasi Ilmiah Prodi Manajement Pendidikan Islam (MPI)

Publikasi ilmiah memegang peranan penting baik bagi dosen maupun perguruan tinggi. Di era sekarang yang di mana teknologi sudah sangat maju, publikasi ilmiah menjadi hal yang sangat penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Oleh sebab itu, setiap akademisi harus memiliki sikap pro aktif dalam membuat karya ilmiah, baik berupa Buku referensi yang dijadikan sebagai rujukan perkuliahan maupun artikel ilmiah yang dipublish pada jurnal Nasional.

Tidak hanya itu, publikasi bisa mengarsipkan dan melindungi temuan atau hasil karya ilmiah. Juga sebagai pembuktian kompetensi, profesionalisme individu atau lembaga, dan dapat memenuhi salah satu syarat kenaikan pangkat dosen, yang pada nantinya akan menjadi penilaian pada akreditasi prodi ataupun institusi. Publikasi tidak pernah lepas dari akreditasi dan akan menjadi siklus terus menerus dalam penilaian program studi. Adanya penelitian ilmiah juga bisa mendukung apa yang ingin dicapai oleh sebuah perguruan tinggi.

Pada tahun akademik 2020/2021 ini, program studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Jurusan Tarbiyah STAI Sangatta Kutai Timur telah berhasil mencatat jumlah publikasi yang dilakukan oleh dosen tetap pada prodi MPI. Selama setahun tercatat ada 18 publikasi ilmiah berupa artikel yang berhasil dipublish di jurnal Nasional, baik yang sudah terakreditasi oleh https://sinta.ristekbrin.go.id/ maupun yang belum terakreditasi.
Adapun rinciannya adalah sebagai berikut:
(1) Ramdanil Mubarok, MM telah mempublikasikan sebanyak 6 artikel dengan judul : Model Pengelolaan Praktik Pengalaman Lapangan Pada Masa Pandemi; Upgrade Kompetensi Guru PAI Dalam Merespon Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Pandemi Covid-19; Dynamics of Basic Education Institutions in Online Learning Management; Perpustakaan Digital Sebagai Penunjang Pembelajaran Jarak Jauh; Manajemen Pembelajaran Santri Taman Pendidikan Al-Qu'ran (TPA) Darus Sakinah Sangatta Utara; dan Peran Takmir Masjid dalam Pelaksanaan Pendidikan Islam di Masjid Darus Sakinah Sangatta Utara.

(2) Mahfud Ifendi, M.Pd.I telah mempublikasikan sebanyak 7 artikel dengan judul : Dinasti Abbasiyah: Studi Analisis Lembaga Pendidikan Islam; Pesantren dan Kepemimpinan Kiai: Studi Kasus di Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Gresik (1980-2020); Masa Pembinaan Pendidikan Islam: Telaah Kritis Pendidikan Rasulullah SAW Pada Periode Makkah; Kuttab Dalam Lintasan Sejarah : Dari Masa Pembinaan Hingga Kejayaan Pendidikan Islam (570 M-1258 M); Pendidikan Islam Rasulullah Saw Periode Madinah: Strategi, Materi Dan Lembaga Pendidikan; Kompetensi Manajerial Mahasiswa Prodi MPI STAI Sangatta Kutai Timur; dan Madrasah Nizamiyah: Telaah Historis Sebagai Lembaga Pendidikan dan Perang Politik-Ideologi.

(3) Iswanto, M.Pd telah mempublikasikan sebanyak 1 artikel dengan judul Strategi Kepala Sekolah Dalam Penerapan Suvervisi Pendidikan.

(4) M. Ibnu Faruq Fauzi, M.Pd.I telah mempublikasikan sebanyak 1 artikel dengan judul Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan.

(5) Mukhtar, M.Pd telah mempublikasikan sebanyak 1 artikel dengan judul Pentingnya Nilai Persatuan Perpektif Al-Quran Surah Al-Imran Ayat 103 Untuk Atasi Pandemi Covid-19.

(6) Abdul Kadir, M.Pd telah mempublikasikan sebanyak 1 artikel dengan judul Urgensi Dalalah dalam Kajian Ushul Fiqh.

(7) Rusmiati Indrayani, M.Pd telah mempublikasikan sebanyak 1 artikel dengan judul Me Time Dalam Ayunan Tradisi Baayun Anak Suku Banjar.

Harapan besar kaprodi MPI STAI Sangatta, penelitian dan publikasi ilmiah tiap tahunnya dapat meningkat, agar dapat memaksimalkan kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi dan sebagai bentuk tanggung jawab akademik seorang dosen, tentunya hal di atas dapat memberikan point saat pengajuan akreditasi program studi berikutnya



Kampus STAI Sangatta...

STAI Sangatta Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Online Tahun 2021

Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2021/2022

Selanjutnya

Layanan

Akses Pelayanan