Kontak | Jam: 08.30 - 16.00

BerandaBeritaProdi ES

Dosen Ekonomi Syariah Jadi Narasumber Utama Sertifikasi Halal Disperindag Kab. Kutai Timur Ajak

Sangatta, 8 Juli 2023 - Dosen sekaligus Ketua Program Studi Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta Firdaus, M.E.I dipercaya sebagai narasumber dalam kegiatan sosialisasi pentingnya sertifikat halal Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kutai Timur.

Kegiatan ini diadakan di kecamatan Muara Wahau dan dikuti oleh Peserta dari tiga Kecamatan, yaitu dari Kecamatan Muara Wahau, Kecamatan kombeng dan kecamatan telen. Para Peserta yang hadir merupakan para pelaku IKM/UMKM yang memiliki kelompok usaha di kecamatan mereka masing-masing.

Kegiatan sosialisasi ini diadakan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman IKM/UMKM tentang pentingnya memperoleh sertifikat halal dalam menjalankan bisnis mereka. Sertifikat halal merupakan tanda pengakuan bahwa produk atau layanan yang dihasilkan oleh IKM/UMKM telah memenuhi standar kehalalan yang ditetapkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Dalam peran sebagai narasumber, Firdaus memberikan penjelasan komprehensif tentang panduan praktis proses pengajuan sertifikat halal, langkah-langkah yang harus diambil oleh IKM/UMKM, dan strategi untuk memenuhi persyaratan yang diperlukan. Selain itu, Mustajib doraini, perwakilan Kementerian Agama Kabupaten Kutai Timur, sekaligus Dosen STAI Sangatta yang juga merupakan Narasumber dalam kegiatan ini memberikan penjelasan yang lebih baik tentang pentingnya memperoleh sertifikat halal sebagai upaya untuk memperkuat posisi bisnis mereka di pasar yang semakin kompetitif.

Dalam konteks ini, STAI Sangatta, Kementerian Agama Kutai Timur, dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kutai Timur, berperan aktif dalam menunjukkan komitmen institusional dan memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan IKM/UMKM Kutai Timur.

Melalui kegiatan sosialisasi ini, diharapkan IKM/UMKM dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang pentingnya sertifikat halal dan menerapkannya dalam praktik bisnis mereka. Dengan demikian, mereka dapat melakukan pengajuan secara mandiri untuk mendapatkan sertifikasi halal demi mengoptimalkan peluang pasar, memenuhi kebutuhan konsumen Muslim, dan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan ekonomi di Indonesia.



Kampus STAI Sangatta...

STAI Sangatta Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Online Tahun 2021

Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2021/2022

Selanjutnya

Layanan

Akses Pelayanan