Kontak | Jam: 08.30 - 16.00

BerandaBeritaProdi MPI

Kuliah Tamu: Inovasi kegiatan akademik di MPI STAI Sangatta

Mengawali tahun baru 2022, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) STAI Sangatta Kutai Timur langsung menggeber dengan kegiatan akademik berupa Kuliah Tamu pada hari Selasa, 11 Januari 2022. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mewujudkan visi MPI STAI Sangatta yakni Menjadi Pusat studi MPI yang bermoral, unggul, dan professional di kawasan Indonesia Timur tahun 2024.

Tentunya untuk menggapai visi tersebut, perlu dilakukan kegiatan akademik yang diantaranya menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran MPI yang bermoral, unggul dan professional berbasis riset dan ini tertuang pada luaran mata kuliah tertentu yang berupa artikel ilmiah bagi mahasiswa, serta penelitian dosen yang dijadikan sebagai rujukan primer pada materi perkuliahan yang diampu.

Selain itu, prodi MPI STAI Sangatta juga banyak menyelenggarakan kerjasama dengan lembaga-lembaga pemerintah dan pendidikan swasta maupun negeri untuk menuju visi di atas. Hadir kembali sebagai narasumber yang kedua kalinya, bapak Dr. Zainal Arifin, M.S.I., Kaprodi MPI UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta dan juga menjabat sebagai Sekretaris Assosiasi Perkumpulan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Indonesia (PPMPI).

Kegiatan Kuliah Tamu ini merupakan salah satu meeting yang wajib diikuti oleh mahasiswa MPI STAI Sangatta di semester 5 pada mata kuliah Profesi Kependidikan. Selain sebagai salah satu bentuk implementasi dari MoU antara MPI STAI Sangatta Kutai Timur dengan MPI UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta, juga merupakan sebuah inovasi atau terobosan baru yang akan ditindaklanjuti dan dipertahankan di tiap semesternya.

Mengingat begitu penting dan butuhnya suntikan-suntikan motivasi, pengetahuan dan pengalaman dari dosen luar, akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa MPI STAI Sangatta untuk tetap selalu menjaga dan meningkatkan motivasi belajarnya. Dalam penyampaiannya, narasumber menyatakan bahwa menjabat profesi apapun saat ini harus dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Seiring berjalannya waktu, revolusi industri yang semakin cepat berjalannya, era society yang begitu dekat di depan mata, dan era disrupsi yang hampir-hampir tak pernah diprediksi oleh manusia telah nyata melingkupi kegiatan kita sehari-hari.

Oleh karena itu, dalam era disrupsi inilah siapa yang cepat merespond (competitive response), maka dia kan menjadi leader of manajement or departement. Siapapun saat ini yang dapat cepat beradaptasi dengan perubahan yang terjadi, merespon positif setiap kejadian baru yang ada, maka merekalah yang akan menjadi pemimpin dalam setiap perubahan. Hal ini sebagaimana yang dikutip oleh Renald Kasali dalam Survival of Fittest Charles Darwin: "Bukan yang kuat yang mampu bertahan, melainkan yang paling adaptif merespon perubahan".

Ini menunjukkan bahwa profesi-profesi yang akan datang tentu akan bersinggungan langsung dengan teknologi, sehingga dari awal mahasiswa harus dibekali dengan seperangkat soft skill yang berkaitan dengan hal tersebut. Misalnya tentang sistem informasi manajemen, maka dalam hal ini mahasiswa dapat mengembangkan menjadi sebuah skill khusus yang dapat memudahkan masyarakat luas dengan cara membuat administrasi berbasis IT, manajerial berbasis IT, pengawasan sekolah berbasis IT dan lain sebagainya.

Tentu hal ini tidak mudah untuk merealisasikannya, namun jika ditopang dengan niat yang sungguh-sungguh, usaha yang maksimal serta proses belajar terus menerus yang tiada henti, maka hal yang tidak mungkin pun akan menjadi mungkin. Dengan adanya kuliah tamu ini semoga dapat mengembangkan prodi MPI STAI Sangatta Kutai Timur, baik dari sisi administrasi maupun manajemennya.



Kampus STAI Sangatta...

STAI Sangatta Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Online Tahun 2021

Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2021/2022

Selanjutnya

Layanan

Akses Pelayanan