Kontak | Jam: 08.30 - 16.00

BerandaBeritaProdi MPI

Tingkatkan Mutu, Prodi MPI STAI Sangatta Jalin Kerja Sama Prodi MPI Seluruh Indonesia

Penandatanganan piagam kerjasama antara MPI STAI Sangatta Kutai Timur dengan MPI UIN Sultan Hasanuddin Banten

Temu Tahunan Ke-8 Tahun 2021 Perkumpulan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (PPMPI) Indonesia mengusung tema "Transformasi Kepemimpinan Pendidikan Dalam Meneguhkan Islam Moderat". Kegiatan yang digelar di Hotel Best Western Papilio Surabaya pada 07-09 Desember 2021 ini dihadiri sekitar 61 peserta dari 39 Perguruan Tinggi dan 30 kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Turut hadir dalam pertemuan ini adalah kaprodi Manajemen Pendidikan Islam STAI Sangatta Kutai Timur, Mahfud Ifendi, M.Pd.I. Bagi Mahfud sapaan akrabya, event ini adalah kesempatan emas karena tidak sekedar acara seremonial untuk berbagai pengalaman dan wawasan, namun juga peluang untuk menjalin relasi dan kerja dalam pengembangan prodi MPI ke depan.

Temu tahunan PPMPI acara yang sangat bermanfaat bagi pengembangan Program Studi (Prodi) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) di seluruh Indonesia. Dalam kesempatan tersebut membahas tentang banyak topik di antaranya adalah pemilihan pengurus harian baru, menggagas profile lulusan, kurikulum, laboratorium microleading, praktek manajemen Pendidikan Islam, publikasi ilmiah dan lain sebagainya.

Dalam konteks peningkatan mutu, perguruan tinggi dalam praktik penyelenggaraan pendidikan memiliki kelebihan dan kekurangan, di samping kekuatan dan peluang. Oleh karena itu, peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi perlu dilakukan penjajakan kerja sama, pengembangan sumber daya manusia, penyehatan tata kelola dan sistem pengelolaan pendidikan dan lain sebagainya.

Hal lain yang perlu diperhatikan oleh pengelola perguruan tinggi saat ini adalah menyiapkan out put yang siap pakai. Lulusan yang memiliki kompetensi dan memiliki kualifikasi sesuai dengan kebutuhan pasar. Untuk itu, perguruan tinggi perlu membuat perencanaan kerja sama yang sesuai dengan profil program studi untuk meningkatkan kinerja dan mutu perguruan tinggi. Melalui kerja sama diharapkan menguntungkan perguruan tinggi dalam hal promosi, reputasi, kepercayaan, networking, kontribusi bagi masyarakat, serta menimbulkan kepercayaan diri mahasiswa.

Kerjasama (networking) merupakan sebuah keniscayaan untuk menunjang kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi untuk mewujudkan "Merdeka Belajar" dan "Kampus Merdeka". Dengan adanya kerjasama inilah, maka mempermudah program studi melakukan kegiatan-kegiatan kolaborasi antar lembaga, seperti halnya pertukaran pelajar-mahasiswa, visiting lecturer, workshop, seminar, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, menulis artikel ilmiah (dosen dan mahasiswa) dan lain sebagainya.

Dalam kegiatan Temu Tahunan ini, Prodi MPI STAI Sangatta Kutai Timur telah berhasil membawa pulang belasan piagam kerjasama antar prodi MPI se-Indonesia. Prodi-prodi MPI yang telah menjalin kerjasama tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

1) MPI IAIN Palopo yang diwakili oleh Hj. Nursaeni, S.Ag., M.Pd. 2) MPI STAIN Bengkalis Riau yang diwakili oleh Indra, M.Pd.I. 3) MPI STAI Hasan Al-Jufri Bawean Gresik yang diwakili oleh Muwafiqus Shobri, M.Pd.I. 4) MPI STAI YAPTIP Pasaman Barat Sumtera Barat yang diwakili oleh Alwizra, S.Pd.I., M.Pd. 5) MPI STAI Al-Ma'arif Way Kanan Lampung yang diwakili oleh Deka Meuthia Novari, M.Pd. 6) MPI STAI Darun Najah Jakarta yang diwakili oleh M. Irfanudidn Kurniawan, M.Ag. 7) MPI IAI Al-Hikmah Tuban yang diwakili oleh Ahmad Suyanto, M.Pd. 8) MPI UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang diwakili oleh Dr. H. Masduki, M.Ag. 9) MPI IAIN Ambon yang diwakili oleh Dr. Kapraja Sangadji, M.Pd. 10) MPI UIN Alauddin Makassar yang diwakili oleh Ridwan Idris, S.Ag, M.Pd. 11) MPI STAI Al-Kamal Rembang yang diwakili oleh Soeprihadi, M.Pd. 12) MPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang diwakili oleh Dr. Irawan, S.Pd., M.Hum. 13) MPI STAI Al-Falah Cicalengka Bandung yang diwakili oleh Dr. H. Ayit Irpani, M.Pd.I. 14) MPI STAIN Mandailing Natal Sumatera Utara yang diwakili oleh Dr. Irma Suryani Siregar, MA. 15) MPI IAIN Kerinci Jambi yang diwakili oleh Muhd. Odha Meditamar, M.Pd. 16) MPI STIT Al-Mubarok Lampung Tengah yang diwakili oleh Lukman Abdul Majid, S.Pd.I, M.Pd, 17) MPI UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang diwakili oleh Dr. Nurul Yaqien, M.Pd. 18) MPI UIN Sunan Ampel Surabaya yang diwakili oleh Ni'matus Sholihah, M.Ag. 19) MPI UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten diwakili oleh Dr. Nana Suryapermana, M.Pd dan Assosiasi Perkumpulan Sarjana Manajemen Pendidikan Islam Indonesia (PERSMAPI) yang diwakili oleh Dr. Irawan, S.Pd.,M.Hum.

Kerja sama yang terjalin tentu tidak hanya di atas kertas saja, namun yang lebih penting adalah tindaklanjut muatan isi kerja sama itu sendiri sebagai bentuk implementasinya. Harapannya, dengan adanya jalinan kerjasama ini dapat menumbuhkembangkan prodi MPI STAI Sangatta Kutai Timur menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.



Kampus STAI Sangatta...

STAI Sangatta Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Online Tahun 2021

Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2021/2022

Selanjutnya

Layanan

Akses Pelayanan