Kuliah Umum, STAIS Datangkan Habib Muhammad Bin Idris

Gazebo News – Rabu (18/10/17) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta mengadakan kuliah umum di Masjid Rihul Jannah STAI Sangatta. Acara tersebut diikuti oleh seluruh dosen, staf, dan mahasiswa STAI Sangatta. Acara dimulai pada pukul 10.30 -11.45 wita.
Bapak Haryono, M.S.I, Ketua Yayasan STAI Sangatta menuturkan, acara itu bertujuan untuk menambah khazanah keilmuan mahasiswa dan untuk membekali mahasiswa pentingnya dalam mempelajari dan mengamalkan isi Al-Qur’an sebagai kitab suci umat muslim dan hadits Nabi Muhammad SAW di dalam sendi kehidupan sehari-hari. Lanjut dari pada itu, beliau juga mengharapkan mahasiswa STAI Sangatta tidak hanya cerdas secara intelektual tapi juga cerdas secara emosional, sehingga mampu menyeimsbangkan kehidupan duniawi dan akhirat.

Kuliah umum tersebut diisi oleh Al-Habib Muhammad Bin Idris pakar Tafsir, hadits, dan fikih dari Malang, Jawa Timur. Beliau menjelaskan dalam materinya, Al-Qur’an merupakan kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui prantara malaikat Jibril. Al-Qur’an mengandung mukjizat begitu besar serta tidak satu manusiapun yang dapat membuat ayat yang serupa dengan Al-Qur’an walau hanya satu ayat. Beliau juga menegaskan, untuk memahami Al-Qur’an harus komprehensif dengan menggunakan metode-metode yang telah diajarkan oleh para ulama kita.

Kedatangan Al-Habib Muhammad Bin Idris ke kampus STAI Sangatta didampingi oleh Al-Habib Muhammad Bagir Baagil selaku Ro’is Syuriyah Nahdatul Ulama Kabupaten Kutai Timur beserta rombongan ulama lainnya hingga acara berakhir.
Ridwan Wahab, salah satu peserta, mengaku bahwa dia merasa gembira sudah hadir dalam kuliah umum tersebut, karena selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat dia juga bersyukur bisa langsung bertatap muka dengan keturunan Rasulullah SAW. (slm)

http://lpmgazebo.com