STAI Sangatta Gelar Seminar Pendidikan Nasional

Kutai Timur (Inmas). dalam rangka memajukan dunia pendidikan nasional di Kutai Timur, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta mengadakan kegiatan Seminar Nasional dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan Nasional yang bertempat di Gedung Serbaguna, Komplek Perkantoran Bukit Pelangi Sangatta, Rabu (22/04).

Seminar yang dihadiri seluruh insan akademik dan Dewan Pembina STAI Sangatta, dihadiri pula Plt.Bupati, H. Ardiansyah Sulaiman yang sekaligus membuka kegiatan tersebut dan hadir pula Kepala Seksi Pendidikan Islam dari Kantor Kementerian Agama serta jajaran Satuan Kerja Pemerintah Daerah Kab. Kutai Timur dengan mengusung tema “Peluang dan Tantangan Dalam Menghadapi Pendidikan Indonesia di Era Globalisasi”.

H. Ardiansyah Sulaiman dalam sambutannya menyampaikan bahwa “dalam UUD 1945 Bab XIII pasal 31 tentang Pendidikan dan kebudayaan dijelaskan setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan Pendidikan yang layak, pemerintah mengupayakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dalam UU. Hal tersebut, menurut beliau sama persis apa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW pada 14 abad silam akan keutamaan ilmu yang memiliki cakupan yang sangat luas dan terbuka di setiap zamannya”.

Ketua STAI Sangatta, Hj. Hidajatul Hidajah menyampaikan bahwa kegiatan ini mencoba mengangkat isu perkembangan akan dunia pendidikan nasional di tengah-tengah kemajuan era globalisasi saat ini, utamanya di Kutai Timur sendiri. Oleh karena itu, pihak panitia penyelenggara kegiatan dalam kesempatan ini menghadirkan narasumber yang memiliki integritas mumpuni di bidangnya masing-masing. Adapun pembicara dalam seminar nasional tersebut yakni Abdul Rozak, Praktisi Pendidikan dari UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta dengan materi “Tantangan dan Peluang Pendidikan Dalam Menghadapi Era Global Masyarakat ASEAN (ASEAN COMMUNITY)” dan Zurqoni, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan IAIN Samarinda dengan materi “Peningkatan Mutu Lulusan Perguruan Tinggi Menghadapi ASEAN ECONOMIC (MEA) Melalui Penguatan Sistem Pendidikan”. Jelasnya. (fds)