Erwin Febrian Terpilih Wakili Kaltim, Siap Bersaing di Pemilihan Duta Gen-Re Nasional

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA – Satu lagi pemuda asal Kabupaten Kutai Timur (Kutim) yang memberikan kepedulian pada permasalahan remaja. Pemuda tersebut adalah Erwin Febrian Syuhada, mahasiswa semester IV Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta.

Berkat kepedulian itu, ia berhasil meraih prestasi melalui ajang Pemilihan Duta Mahasiswa Generasi Berencana (Gen-Re) oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Selanjutnya, pemuda Kutim ini berhak mewakili Kaltim ke tingkat Nasional di Juli mendatang dalam ajang yang sama.

Untuk bisa menjadi wakil Kaltim, Erwin mesti besaing ketat dengan perwakilan 11 Kabupaten/Kota di Kaltim dan Kaltara. Untuk tingkat Kutim, Erwin mesti melewati serangkaian proses seleksi dan bersaing dengan sejumlah perwakilan dari perguruan tinggi.

Di antaranya dari Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (Stiper) Kutim dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nusantara dalam even yang digelar oleh Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kutim. Mereka harus memaparkan wawasan terkait kependudukan dan program Gen-Re.

“Tahap selanjutnya ada wawancara umum, pemaparan terkait program BKKBN, penampilan bakat (talent), serta tanya jawab langsung oleh dewan juri yang dilakukan di tingkat Provinsi Kaltim bertempat di Samarinda Central Plaza (SCP), Samarinda,” jelas Erwin kepada media ini.

Beruntung di akhir kegiatan, saat pengumuman, Erwin berhasil menjadi yang pertama, mengungguli wakil dari Kabupaten Paser yang harus puas diperingat kedua dan Kota Samarinda diurutan ketiga.

Remaja kelahiran Sangatta, 9 Februari 1995 ini menyebut pada ajang pemilihan ini dirinya harus memperlihatkan kemampuan menjadi figur remaja yang peduli terhadap permasalahan generasi muda. Di antaranya meliputi seksualitas, Napza, hingga HIV/AIDS. Selanjutnya mampu meyakinkan kondisi kependudukan yang telah dihadapi oleh bangsa Indonesia.

Pemilik hobi menulis dan membaca ini mengatakan, ia mengikuti pemilihan Duta Gen-Re karena termotivasi untuk melakukan hal positif dan merupakan bentuk bukti kepada pemerintah bahwa masih ada remaja yang peduli tentang kondisi bangsa, khususnya masalah kependudukan.

Dia mengaku ingin menjadi partner pemerintah untuk terus menjadikan generasi muda sebagai “generasi emas” Indonesia. Dia juga ingin mengajak seluruh generasi muda agar mau peduli terhadap kondisi remaja sekarang yang sering terjerumus dengan pergaulan bebas. Agar seluruh remaja yang ada timbuh dan berkembang menjadi generasi berkualitas.

“Saya ingin buktikan bahwa masih ada remaja yang peduli. Saya berharap dapat masuk dan merangkul semua elemen remaja guna memberikan informasi yang baik seputar program Generasi Berencana,” ujar Erwin, yang miliki moto pejuang dan pemikir, pemikir dan pejuang ini.

Dijelaskan oleh Kepala BP2KB Kutim, Hj Aisyah HD, duta ini nantinya akan menawarkan program GenRe dan KB sebagai solusi yang efektif dalam menekan laju pertumbuhan penduduk. Sehingga bonus demografi yang tengah dihadapi bangsa ini, dapat menjadi langkah awal dalam pembentukan remaja yang berkarakter untuk modal pembangunan.

“Program pemilihan duta mahasiswa Gen-Re Kaltim Tahun 2016 bertujuan agar para duta mahasiswa dapat memberikan pengetahuan kepada remaja terutama tentang pendewasaan usia perkawinan. Mereka (Duta Gen-Re) juga dituntut berperan aktif dalam menyampaikan pesan-pesan kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga,” sebut mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kutim ini. (*hms7/adv)

Artikel ini telah tayang di tribunkaltim.co dengan judul Erwin Febrian Terpilih Wakili Kaltim, Siap Bersaing di Pemilihan Duta Gen-Re Nasional, https://kaltim.tribunnews.com/2016/05/17/erwin-febrian-terpilih-wakili-kaltim-siap-bersaing-di-pemilihan-duta-gen-re-nasional.

Editor: Kholish Chered